Aku Merindukanmu..


Sosial-Budaya
Dipublikasikan: 2020-04-07 17:07:22
Dibaca: 134 Rating: 4.25/5.0 dari 4 voter Komentar: 2
Bagikan ke Sosial Media:



Bagaimana mengobati rasa rindu?

Pengertian Rindu

Menurut KBBI, rindu ialah (1) sangat ingin dan berharap benar terhadap sesuatu; (2) memiliki keinginan yang kuat untuk bertemu. Pada dasarnya perasaan rindu timbul disebabkan seorang terlalu berharap pada sesuatu tapi keinginannya tidak sampai karena keterbatasan tersebut. Perasaan ini rentan hinggap pada seorang yang jauh dari sesuatu yang dicintai entah keluarganya, pasangannya, anak-anaknya, kampung halamannya, atau bahkan ingin bertemu tokoh teladan seperti Rasulullah SAW.

Perasaan rindu mengisyaratkan seorang itu merasa 'kesepian' yakni suatu keadaan psikis dimana seorang terputus (perasaannya) daripada sesuatu relasi sosialnya khususnya terhadap orang-orang yang dicintainya

Mengobati Kerinduan

Karena itu, cara untuk menghilangkan rindu bisa bisa dilakukan dengan menangani sumber kerinduannya yakni:

#1 Memenuhi harapan untuk bertemu. Misalnya, lazimnya setiap setahun sekali orang-orang Indonesia memiliki kebiasaan untuk mudik - pulang kampung halamannya untuk memenuhi hasrat atas kerinduan kampung halamannya.

#2 Menganti/ mensubtitusi harapan untuk bertemu. Misalnya seorang suami tidak bisa menemui istri dan anak-anaknya karena perbedaan geografis. Untuk mengobati rasa kerinduannya, dia bisa mengagenda menelpon istri dan anak-anaknya. Setidaknya hal ini akan mengobati rasa kesepiannya dan menyakinkan dirinya bahwa keluarganya di rumah 'baik-baik saja', sehingga menghilangkan kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan akibat dari kerinduan yang tak terobati.

#3 Menghilangkan harapan untuk bertemu. Tak jarang seorang memendam perasaan kepada orang lain tapi dia bukan siapa-siapa. Dia merasa rindu tapi toh dia juga bukan istri/ suaminya, hanya sekedar pengagum rahasia. Atau barangkali dia mencintai seorang tapi cintanya bertepuk sebelah tangan. Jika demikian adanya, satu-satunya jalan untuk memutus kerinduan hatinya ialah dengan "move on".

Mengikhlaskan yang terkasih adalah suatu kebijaksanaan seraya mendoakan kebaikan kepada yang terkasih dan berharap Tuhan memberikan penganti yang lebih baik. Move on, bisa dimulai dengan berjanji kepada diri sendiri untuk merelakan yang terkasih. Memang hal ini menyakitkan tapi seiring berjalan waktu, diri Anda akan terobati dengan sendirinya.

Tak mengapa jika mengadukan kerisauan dan kerinduan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga diberikan kemudahan untuk merelakan yang terkasih, melepaskan yang terkasih dan berharap diberikan penganti lainnya.

Semoga membantu.

 


Lebih banyak kontribusi Danar Dono:
Aku Merindukanmu..
Beri kami beri penilaian untuk menghargai karya kami:

2 Tanggapan Pembaca:


    Danar Dono | 2020-12-14 10:32:58

    rindu boleh, kangan boleh, berharap jangan


Artikel Terpopuler
...
Menghadapi Kesedihan Mendalam

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-24 09:35:11
Dibaca: 579

...
10 Alasan Rasional Menunda Pernikahan

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-24 22:49:34
Dibaca: 509

...
Mengatasi Asosial

mikasa ackerman | Sosial-Budaya 2020-03-01 09:40:11
Dibaca: 250

...
Menjadi Pribadi Produktif

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-23 12:21:27
Dibaca: 243

...
Perbedaan Bertabayyun dan Indoktrinasi

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-24 09:39:59
Dibaca: 234

Tagar Terpopuler