Ketika Tidak Dihargai Orang Lain...


Sosial-Budaya
Dipublikasikan: 2020-04-07 13:21:25
Dibaca: 71 Rating: 3/5.0 dari 3 voter Komentar: 0
Bagikan ke Sosial Media:



Bagaimana cara agar kita dihargai orang, sedangkan kita sudah menghargai orang tersebut, tetapi mengapa orang tersebut tidak bisa menghargai kita?

Saya teringat suatu kisah sebagai berikut:

Alkisah seorang bapak memberikan warisan jam tangan kepada anaknya. Bapak itu meminta kepada anaknya untuk menjual warisan jam tangan itu kepada pedagang loak dimana anak itu boleh memutuskan menjualnya atau menahannya jikalau harganya tidak sesuai dengan keinginannya. Anak itu pun pergi ke pedagang loak, lalu berniat menjual jam tangan itu. Pedagang loak itu hanya memberikan harga Rp. 5.000,-. Karena anak itu merasa harganya terlalu rendah maka dia pulang dan memberitahukan kepada bapaknya.

Bapaknya menyuruh anak itu menjual jam tangan itu kepada pedagang jam. Lalu anak itu menemui pedagang jam untuk menjual jam tangannya. Pedagang jam itu hanya mau memberikan harga Rp. 50.000,- untuk penjualan jam tangan itu. Karena anak itu merasa harganya tidak sesuai, maka dia kembali kepada bapaknya dan memberitakannya.

Kemudian bapaknya menyuruh anak itu untuk menjual jam tangan itu kepada kolektor jam tangan antik. Anak itu pun pergi menemui kolektor jam tangan antik. Ternyata kolektor jam tangan antik itu memberikan harga Rp. 50.000.000,- untuk jam tangan itu. Anak itu pun terheran karena mendapati harga jam tangannya naik drastis hingga 1.000 kali lipat, sehingga dia memutuskan untuk menjualnya.

Lalu anak itu kembali kepada bapaknya dan memberitakan penjualan jam tangan itu. Dari situ bapaknya berpesan kepada anaknya:

"Nak, ketahuilah! Kamu akan dihargai tatkala kamu mempunyai sesuatu yang berharga dan dihargai oleh orang-orang yang tepat. Jadi, jika hari ini kamu merasa kurang dihargai orang lain, maka jangan berkecil hati. Tetap tempalah kualitas dirimu sehingga kamu mempunyai sesuatu yang berharga bagi orang lain dan carilah orang-orang yang tepat yang mau menghargaimu."

Hikmah yang bisa kita petik dari kisah tersebut yakni:

  1. Orang lain akan menghargai kita tatkala kita mempunyai sesuatu yang berharga (dibutuhkan) bagi mereka entah skill, karakter, kepandaian, dsb. Sebaliknya orang lain tidak akan menghargai kita tatkala kita tidak mempunyai sesuatu yang berharga bagi mereka entah skillnya kurang, karakternya kurang, kepandaiannya kurang, dsb.
  2. Kita hanya akan dihargai tinggi oleh orang lain tatkala kita berada di lingkungan yang tepat. Sebaliknya, kita akan dihargai rendah oleh orang lain tatkala berada di lingkungan yang tidak tepat.

Jadi, jika Anda ingin dihargai, maka tetaplah tempa kualitas diri Anda dan bergaullah dengan orang-orang yang tepat (baik).

Demikian, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

 


Lebih banyak kontribusi Danar Dono:
Ketika Tidak Dihargai Orang Lain...
Beri kami beri penilaian untuk menghargai karya kami:

0 Tanggapan Pembaca:


Artikel Terpopuler
...
Menghadapi Kesedihan Mendalam

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-24 09:35:11
Dibaca: 579

...
10 Alasan Rasional Menunda Pernikahan

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-24 22:49:34
Dibaca: 508

...
Mengatasi Asosial

mikasa ackerman | Sosial-Budaya 2020-03-01 09:40:11
Dibaca: 249

...
Menjadi Pribadi Produktif

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-23 12:21:27
Dibaca: 241

...
Perbedaan Bertabayyun dan Indoktrinasi

Danar Dono | Sosial-Budaya 2020-02-24 09:39:59
Dibaca: 234

Tagar Terpopuler